Klasifikasi Ilmiah, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan - Tentunya sudah pada tahu kan apa itu bayam? Pada kesempatan kali ini, Peternak GAUL akan mengajak Anda untuk berkenalan lebih jauh dengan sayuran yang kaya akan zat besi ini.

kebun budidaya bayam

Klasifikasi Bayam

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Tracheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Caryophyllidae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Amaranthaceae
  • Genus : Amaranthus L.
  • Spesies : Amaranthus spp. L

Sekilas Tentang Bayam

Bayam merupakan salah satu tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran atau lalapan. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropik (Amerika Selatan). Namun kini bayam sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sayuran hijau ini dikenal sebagai sumber zat besi untuk tubuh.

Jenis – Jenis Bayam

Di pasaran, dikenal dua macam bayam, yaitu cayam cabut dan bayam petik. Bayam petik adalah bayam yang hanya dipetik daunnya saja untuk dikonsumsi. Bayam ini mempunyai masa penen yang lebih lama daripada bayam cabut, sekitar 1-1,5 bulan. Bayam petik mempunyai daun yang lebar dan batang yang besar (dapat mencapai 2 meter). Bayam petik biasanya dikonsumsi untuk pecel, gado-gado, urap, serta keripik bayam.

Bayam cabut adalah bayam yang dicabut dalam konsumsinya. Bayam cabut memiliki batang dan daun yang lebih kecil daripada bayam petik. Masa panennya pun lebih singkat, hanya 3 minggu sampai 1 bulan setelah masa tanam. Bayam cabut biasanya dibuat untuk sayur bayam dan sup bubur bayam.

Namun jika ditinjau dari taksonominya, terdapat tiga jeis bayam di Indonesia, yaitu :

  1. Amarathus tricolor, merupakan bayam cabut yang banyak diusahakan oleh petani. Batangnya bewarna merah (bayam merah), namun ada pula yang bewarna hujai keputih-putihan.
  2. Amaranthus dubius, merupakan salah satu jenis bayam petik. Bayam ini pertumbuhannya lebih tegak, berdaun lebar dan berwarna hijau tua. Bisasanya dikebunkan di halaman rumah.

Amaranthus cruenthus, merupakan jenis bayam yang dapdat ditanam sebagai bayam cabut maupun sebagai bayam petik. jenis bayam ini tumbuh tegak, berdaun besarm berwarna hijau keabu-abuan, dan dapat dipanen setela berumur 3 minggu setelah masa tanam.

Kandungan Gizi Bayam

Dalam 100 gram bayam, terkandung 3 gram zat besi, 81 gram kalsium, 3,2 gram karbohidrat, serta 2,3 gram protein. Selain itu bayam juga akan kaya berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, niasin, fosfor, kalium, riboflavin, natrium, thiamin, dan magnesium.

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Berbagai manfaat bayam untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :
  1. Untuk melancarkan pencernaan dan membantu diet.
  2. Bersifat antikanker
  3. Membantu mata agar teerhindar dari katarak dan degenerasi macula.
  4. Mencegah osteoporosis
  5. Menjaga kesehatan kulit
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh
  7. Bersifat anti-inflamasi
  8. Mecegah penyakit kardiovaskular
  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Menurunkan resiko diabetes
  11. Mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah
  12. Mengobati gusi berdarah.
  13. Sebagai sumber anti-oksidan
  14. Mencegah pengapuran jaringan
  15. Untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan otak.
  16. Untuk menunjang pertumbuhan.

Silahkan masukkan komentar Anda disini
EmoticonEmoticon