Cara Mudah Memilih Vareitas Padi untuk Mina Padi - Melanjutkan artikel kamerin tentang peluang usaha tani mina padi dan keuntungan pola sawah polikultur mina padi, kali ini Peternak GAUL akan membagikan informasi mengenai cara memilih varietas padi yang baik untuk mina padi.
Varietas Padi Untuk Usaha Mina Padi

Syarat-Syarat Padi Untuk Mina Padi

Hampir semua jenis padi dapat diusahakan untuk sistem budi daya ikan bersama padi. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jenis padi yang dinilai cocok untuk sistem  usaha tani harus memiliki sifat-sifat berikut.

  • Perakaran dalam
Perakaran padi yang dalam sangat diperlukan mengingat adalah beberapa jenis ikan, seperti ikan mas dan nila yang senang mencari makan dengan menggai tanah dasar sawah. Jika perakaran padi dangkal, dikhawatirkan padi akan mudah tercabut perakarannya, sehingga lama-kelamaan akan mati.

  • Cepat beranak
Pada yang cepat beranak berartu akan cepat membentuk rumpun yang kokoh dan biasanya juga akan cepat besar. Dengan demikian, ikan yang senang mencari makan di sekitar rumpun padi tidak akan sempat menggerogoti bagian pangkal padi.


  • Batang kuat dan tidak mudah rebah
Batang padi yang kuat dan tidak mudah rebah dimaksudkan untuk membuat adi dapat berdiri kokok sehingga ketika ikan yang sudah berukuran besar berenang di sekitar padi, batang padi tidak rebah. Batang padi yang mudah rebah akan terendam air, mati dan membusuk.

  • Tahan hama dan penyakit
Ketahanan terhadap hama dan penyakit juga diperlukan, bukan hanya untuk mencegah kegagalan panen, melainkan juga untuk menghindari resiko terkena hama dan penyakit akibat sistem pemeliharaan kombinasi dengan ikan atau ternak lainnya, seperti bebek.


  • Produktivitas tinggi dan rasa beras enak
Ini berkaitan dengan hasil panen dan kemudahan dalam memasarkan hasil panen padi dengan harga yang tinggi untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.


  • Tahan terhadap genangan pada awal pertumbuhan
Kondisi ini sangat diperlukan, karena pada awal penebaran ikan sawah sudah harus digenangi air dengan volume yang lebih tinggi daripada biasanya. Degan demikian padi pun dituntut harus bisa bertahan dengan volume air yang tinggi tersebut.

Varietas Pada Untuk Mina Padi

Berdasarkan penelitian dan pengalaman di lapangan, jenis-jenis padi yang dinilai cocok dan memenuhi kriteria yang disyaratkan di atas adalah padi varietas 1R 64, varietas Citanduy, dan varietas Dodokan. Anda juga dapat memilih varietas padi diluar ketiga varietas tersebut, asalkan memenuhi syarat-syarat diatas.

  • Varietas Citandui
Varietas citandui merupakan hasil penyilangan dari IR2006/IR2146/IR2061/IR2055. Padi varietas citandui merupakan padi golongan cere dan kadang berbulu. Umum tanam sekitar 113-120 hari dengan bentuk tanaman tegak dan tingginya berkisar 95-110 cm.

Anakan tergolong banyak dan produktif. Warna batang tunggu dan warna gabah kuning bersih dengan bagian ujung berwarna ungu. Bentuk gabah ramping. 

Varietas ini juga tidak mudah rebah dan tahan terhadap hama wereng cokelat bertipe 1, 2, dan 3, sekaligus tahan terhadap penyait bakteri hawa (Xanthomonas oryzae). Pada jenis ini cukup baik ditanam di sawah yang berada di ketinggiaan di bawah 500 mdpl. Potensi hasil panen 4,5-5 ton gabah kering /hektar.

  • Varietas dodokan
Padi varietas dodokan berasal dari persilangan IR36/IR10154-2-3-3-3/IR9129-209-2-2-2-1 dan merupakan golongan cere. Bentuk tanaman tegak dengan tinggi 80-95 cm dan umur tanaman 100-105 hari.

Anakan produktif termasuk sedang, warna batang dan daun hijau, sedangkan warna gabah cokelat seperti jerami. Bentuk gabah ramping dan rasa nasi enak.

Padi dodokan juga termasuk jenis padi yang tidak mudah rebah. Tahan terhadap wereng cokelat biotipe 1 dan 2. Tahan terhadap serangan penyait bas (Pyricularia oryzae) dan bakteri hawa daun. Potensi hasil panen sekitar 5,1 ton gabah kering/hektar.

  • Varietas Ciliwung
Padi varietas Ciliwung merupakan hasil persilangan dari IR38/Pelita 1-1-2/IR4744 dan merupakan golongan cere. Umur tanaman 121 hari dengan bentuk tanaman tegak, dan tinggi 101 cm.

Anakan produktif banyak, warna batang hijau dan warna gabah kuning bersih. Rasa nasi dari padi Ciliwung enak. Tahan terhadap kerebahan, hama wereng cokelat biotipe 1 dan 2, wereng hijau, dan ganjut. Selain itu juga tahan terhadap penyakit tungro dan bakteri hawa daun. Potensi hasil panen sekitar 4,8 toon gabah kering/hektar.

  • Varietas IR64
Varietas IR64 merupakan persilangan dari IR5657/IR2061 dan termasuk golongan cere yang kadang-kadang berbulu. Umur tanaman 115 hari, batang tegak dengan tinggi 85 cm.

Anakan produktif banyak. Warna batang hijau dan warna gabah kuning bersih. Bentuk gabah ramping memanjang dengan rasa nasi enak. Pada jenis ini tahan terhadap serangan hama wereng cokelat biotipe 1 dan 2 serta wereng hijau.

Agak tahan terhadap penyait hawa daun dan tahan terhadap virus tungro. Padi jenis ini baik ditanam di sawah irigasi dataran rendah. Potensi hasil panen sekitar 5 ton gabah kering/hektar.

Setelah tahu varietas yang baik untuk usaha mina padi, jangan lupa juga untuk membaca cara menentukan lokasi yang baik untuk usaha mina padi. (PeternakGAUL.com)

Silahkan masukkan komentar Anda disini
EmoticonEmoticon