Untung Berlipat dengan Budi Daya Ikan Bersama Padi Di Sawah - Keberadaan sawah merupakan hal yang sangat strategis bagi penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan karena sawah merupakan lahan penanaman padi utama yang memegang peranan penting dalam menghasilkan padi untuk memenuhi kebutuhan beras sebagai makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia. Tak hanya itu, sawah juga sekaligus menjadi sumber pandapatan petani.

peluang usaha mina padi

Akan tetapi, sesuai dengan tuntutan keadaan, bila hanya mengandalkan sawah sebagai penghasil padi semata, tentu tidak akan mencukupi kebutuhan sehari-hari mengingat biaya tanam dan perawatan pada yang cukup mahal serrta masa panen yang cukup lama.

Keadaan inilah yang memacu para petani padi untuk mencari peluang lain guna meningkatkan penghasilan mereka. Akhirnya muncul satu peluang usaha baru, yaitu memanfaatkan sawah selain untuk menanam padi juga sekaligus untuk budi daya ikan.

Tanpa disebar benih saja, terkadang ikan yang ada di sawah sudah banyak dengan sendirinya, apalagi jika ditabur benih. Itulah awal mula para petani menemukan peluang usaha budi daya ikan baru ini. 

Pemanfaatan sawah sebagai tempat penanaman padi sekaligus tempat budi daya ikan sangatlah menguntungkan, karena pemeliharaan kedua komoditas tersebut bersifatr komplementer. Artinya, kedua kegiatan ini dapat berjalan sekaligus tanpa mengganggu kebehasilan satu sama lain sehingga pada akhirnya akan diperoleh hasil yang maksimal.

Selain memperoleh keberhasilan dari memanen padi, petani juga sekaligus menangguk keuntungan dari pemanenan ikan. Kalaupun terjadi kegagalan dalam pemanenan padi, petani tidak perlu berkecil hati karena masih ada hasil pemanenan ikan yang bisa menutupi kerugian bercocok tanam pada sawah padi.

Jika kita telusuri lebih jauh, di beberapa daerah tertentu ternyata budi daya ikan di sawah sudah dilaksanakan sejak lama dan kian hari kian berkembang ke arah pengusahaan yang lebih maju. 

Jangan lupa juga untuk membaca 

Ada yang mengusahakan secara sederhana dan tak sedikit juga yang sudah mengusahakannnya secara intensif. Usaha semacam ini lebih populer dengan sebutan “inmindi” yang merupakan akronim dari “Intensifikasi Mina Padi”. 

Namun, dibeberapa daerah lain justru kegiatan seperti ini tidak banyak dilakukan bahkan tidak populer sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena kurang tersebarnya informasi, baik informasi mengenai seluk beluk kegiatan ini maupun manfaatnya. Bisa juga karena keterbatasan sumber daya di daerah tersebut, seperti kuurangnya suplai air dan buruknya saluran irigasi.

Pengusahaan budi daya ikan bersama padi tentunya bisa meningkatan pendapatan keluarga dan membuka cabang usaha baru, misalnya usaha pembbenihan. Usaha pembenihan akan menjadi penuyplai benih ikan yang akan dipelihara bersama padi. Disamping itu, secara tidak langsung kagiatan ini dapat memanfaatkan tenaga kerja yang ada. (PeternakGAUL.com)


Silahkan masukkan komentar Anda disini
EmoticonEmoticon